Turun Berok

Penyakit Hernia atau turun berok ialah penyakit yang diakibatkan dari turunnya buah zakar seiring melemahnya lapisan otot pada dinding perut. resiko akibat hernia ini kebanyakan di alami oleh hanya pria dewasa, ada juga resiko hernia pada anak-anak. kalau hernia sudah menyebabkan infeksi di tubuh, kebanyakan penderita akan terserang resiko nyeri. resiko ini terjadi juga pada anak-anak yang terlalu aktif.

Turun Berok

Turun Berok

PENYAKIT HERNIA ATAU TURUN BEROK

Bagian hernia terdiri dari cincin, kantong, dan isi hernia itu sendiri. Isi hernia yaitu usus, ovarium, dan jaringan penyangga usus (omentum). Bila ada bagian yang lemah dari lapisan otot dinding perut, maka usus dapat keluar ke tempat yang tidak seharusnya, yakni bisa ke diafragma (batas antara perut dan dada), bisa di lipatan paha, atau di pusar. Umumnya hernia tidak menyebabkan nyeri. Namun, akan terasa nyeri bila isi hernia terjepit oleh cincin hernia.

Infeksi akibat hernia menyebabkan penderita merasakan nyeri yang hebat, dan infeksi tersebut akhirnya menjalar dan meracuni seluruh tubuh. Jika sudah terjadi keadaan seperti itu, maka harus segera ditangani oleh dokter karena dapat mengancam nyawa penderita.Hernia dapat terjadi pada semua umur, baik tua maupun muda. Pada anak-anak atau bayi, lebih sering disebabkan oleh kurang sempurnanya procesus vaginalis untuk menutup seiring dengan turunnya testis atau buah zakar. Biasanya yang sering terkena hernia adalah bayi atau anak laki-laki. Pada orang dewasa, hernia terjadi karena adanya tekanan yang tinggi dalam rongga perut dan kelemahan otot dinding perut karena faktor usia.

PENYEBAB HERNIA

Penyebab Hernia atau turun berok

Hernia dapat disebabkan oleh tidak sempurnanya penutupan kanal-kanal saluran perpindahan organ saat masih dalam kandungan, sehingga saluran yang seharusnya menutup tersebut, tetap terbuka dan menjadi titik lemah di dinding perut. Misalnya pada anak laki-laki; testis yang semula berada di dalam perut, akan berpindan ke lokasi normalnya sebelum bayi lahir, melalui suatu saluran khusus. Jika saluran tersebut tidak tertutup setelah bayi lahir, maka bayi dapat menderita hernia.

Penyebab hernia atau turun berok yang lain di antaranya :

  • Tekanan dalam rongga tubuh yang besar, seperti saat mengedan (terus-menerus akibat konstipasi menahun)
  • Hamil dan melahirkan
  • Adanya penumpukan cairan tak normal dalam rongga perut (ascites)
  • Batuk terus-menerus
  • Penyakit paru, obesitas, dan yang serupa.

Jenis hernia pun beragam, tergantung dari organ yang terlibat dan jalur yang mengalami kelemahan.

CARA MENCEGAH HERNIA

Cara Mencegah Hernia

  • Hindari konstipasi dan mengedan terus menerus.
  • Perbanyak makan serat dari buah dan sayur.
  • Hindari pemicu batuk.

Gejala hernia atau turun berok yang muncul secara umum adalah ;

  1. Terjadinya benjolan yang muncul disekitar paha dan juga nampak terlihat keluar masuk dan kadang-kadang juga terlihat lebih menonjol. Benjolan ini biasanya membedakan penyakit turun berok dengan penyakit tumor yang menetap, tanda dan gekalamnya yang amat sederhana bisa dilihat dengan menggunakan kasat mata.
  2. Benjolan yang biasanya sudah menetap baik pada daerah lipatan paha atau juga didaerah sekitar pusar misalnya air atau juga usus (terjadinya penggantungan pada usus) yang masuk ke dalam rongga dan kemudian terjebak atau terjepit sehingga tidak bisa keluar lagi.
  3. Derajat dari turun berok yang lama kelamaan menjadi semakin parah akibat dari pembuluh darah yang sudah terjebak atau terjepit tadi, selain akibat benjolan dan juga gejala hernia klinis pada tingkatan jenis hernia insarkerata, gejala lain yang biasanya muncul adalah seperti demam tinggi dan juga dehidrasi. Jika hal ini terus menerus dibiarkan dan tidak melakukan tindakan sejak dini, maka akan mengalami suatu hal yang lebih serius lagi dan akan beresiko menjadi semakin buruk, oleh sebab itulah sebaiknya Anda melakukan pengobatan hernia atau turun berok.

Turun berok yang terjadi pada wanita bisa disebabkan karena menipis dan dinding vagina yang mengalami cedera yang bisa menyebabkan munculnya kelemahan pada bagian tersebut. Di bagian dinding vagina yang lemah ini pada sebagian dinding kandung kemih akan menonjol. Dan terbentuk suatu tonjolan misalnya adalah seperti kelereng yang masuk ke dalam saluran vagina yang biasanya disebut dengan cystocele yang posisinya ada di depan vagina.

Jika dinding vagina yang lemah tadi terjadi dibagian belakang, maka tonjolan dari dinding vagina yang asalanya terjadi dari suatu desakan pada ujung usus besar atau rektum. Keadaan seperti ini biasanya disebut dengan istilah Rectocele. Hal ini sama-sama akan membuat dinding vagina wanita mengalami suatu tonjolan namun penyebabnya yang berbeda.

Dan jika hanya ada sebagian kandung kemih yang menonjol ke bagian vagina atau juga bagian cystocele, biasanya gejala hernia yang dirasakan pada wanita adalah keluhan berkemih yang sedikit-sedikit. Awalnya hanya terjadi di siang hari, namun akan terjadi di malam hari.

Turun Berok


=====================================

>>> Kapsul Herbal Pro-Hernia Untuk Membantu Mengatasi Penyakit Hernia, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Turun Berok and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>