Jenis-Jenis Penyakit Turun Berok

Jenis-Jenis Penyakit Turun BerokPenyakit Hernia adalah menonjolnya organ dalam tubuh, keluar ke posisi yang tidak normal melalui suatu defek/lokasi yang lemah pada dinding rongga tubuh tempat organ tersebut berada. Contoh hernia yang sering didapatkan adalah hernia inguinalis, yaitu penonjolan organ dalam perut, seperti sebagian usus, ke arah selangkangan, melalui titik lemah pada dinding perut.

 Jenis-jenis penyakit hernia

Jenis-jenis penyakit hernia

 JENIS PENYAKIT HERNIA

Jenis-Jenis Penyakit Turun Berok atau penyakit hernia

Menurut sifatnya, Jenis-Jenis Penyakit Turun Berok  dikelompokkan atas beberapa kelompok, diantaranya :

a. Hernia Reponibilis

Hernia yang masih dapat keluar masuk. Isi hernia keluar jika berdiri atau mengejan dan masuk lagi jika berbaring atau didorong masuk, tidak ada keluhan nyeri atau gejala obstruksi usus.

b. Hernia Irreponibililis

Hernia yang tidak dapat keluar masuk lagi. Dinamakan Hernia irreponibilis apabila isi kantung hernia tidak dapat dikembalikan ke tempat semulanya.

c. Hernia Akreta

Yakni Hernia yang disertai adanya keluhan rasa nyeri ataupun tanda sumbatan usus karena disebabkan oleh perlengketan.

d. Hernia Inkarserata

Yakni bila isinya terjepit oleh cincin hernia sehingga isi kantong terperangkap dan tidak dapat kembali lagi kedalam rongga perut akibatnya terjadi gangguan pasase vaskularisasi

e. Hernia Strangulate

Terjadi pada saat jepitan dimulai, dengan berbagai tingkat gangguan mulai dari bendungan sampai nekrosis.

GEJALA PENYAKIT HERNIA

Gejala Penyakit Hernia

Gejala hernia adalah rasa sakit atau ketidaknyamanan dan pembengkakan lokal di suatu tempat di permukaan perut atau di daerah selangkangan. Epigastrium, umbilical, insisional, hernia lumbal, internal, dan Spigelian semua terjadi di lokasi yang berbeda di atas perut di daerah yang rentan terhadap kelemahan anatomis atau struktural.

Penyebab hernia adalah disebabkan karena kelemahan yang terjadi di bagian dinding perut sehingga terutama dibagian usus bisa keluar. Sebenarnya hal ini merupakan suatu hal yang tidak wajar jika mengalami kelemahan dibagian dinding perut sejak dini, dan biasanya kelemahan yang terjadi dibagian oerut ini akan menjadi lebih sering terjadi seiring dengan waktu yang semakin berkalan atau juga akibat dari bekas luka irisan operasi. Adanya suatu tekanan dari organ atau juga jaringan tubuh yang ada di dinding perut yang melemah inilah yang pada akhirnya membuat organ tadi menjadi menonjol keluar. Faktor yang bisa mempengaruhi terjadinya kelemahan pada dinding perut adalah akibat usia, karena merokok dan juga akibat kegemukan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan turun berok adalah dengan melakukan perbaikan lewat tindakan operasi. Karena hingga saat ini masih belum ada obat yang bisa membantu mengatasi masalah penyakit hernia. Mungkin dengan melakukan operasi, maka tindakan ini bisa membantu untuk mengecilkan hati orang yang melakukan pengobatan, aalagi jika hernia yang dialami masih terbilang ringan, namun hal yang harus diingat adalah penyakit hernia akan semakin memburuk seiring dengan waktu yang semakin berjalan dan juga akan muncul beberapa resiko dan menimbulkan suatu komplikasi yang lainnya. Sehingga penanganan yang dilakukan sejak dini merupakan suatu hal yang sangat disarankan untuk dilakukan, lakukanlah konsultasi dengan dokter Anda untuk membantu menangani masalah penyakit hernia dan sebaiknya Anda juga memilih jenis tindakan operasi apa yang ingin Anda lakukan.

CARA MENGOBATI HERNIA

Untuk penderita penyakit hernia yang sudah melakukan operasi biasanya bisa saja mengalami kekambuhan. Dan jika penyakit hernia ini masih tetap kambuh dalam waktu beberapa bulan atau beberapa tahun, maka hal ini bisa saja disebabkan karena tindakan pembedahan yang dilakukan saat menangani hernia. Namun, jika kambuhnya terjadi serelah dua tahun atau lebih, hal ini biasanya diakibatkan karena lemahnya fasia yang progresif. Anda sebaiknya berhati-hatilah jika penyakit hernia ini terjadi dengan berulang setelah Anda melakukan tindakan operasi. Karena akan terjadi suatu kemungkinan bahwa penyakit hernia bisa berkembang berubah menjadi penyakit hernia strangulata atau juga berubah menjadi inkarserata yang lebih besar lagi.

Untuk membantu mencegah terjadinya penyakit hernia kambuh lagi, maka sebaiknya Anda menghindari beberapa hal dibawah ini yang bisa membuat keadaan tekanan di dalam rongga perut mengalami peningkatan :

  1. Bersin atau batuk yang dilakukan dengan kuat
  2. Hindari masalah sembelit atau konstipasi
  3. Perut mengejang
  4. Jangan mengangkat beban yang terlalu berat

Untuk membantu menghindari terjadinya batuk yang persisten, maka sebaiknya hindarilah rokok. Selain itu, wanita dengan berat badan yang berlebihan juga akan memicu terjadinya penyakit hernia, maka sebaiknya lakukanlah pengurangan atau menurunkan berat badan dan jalankanlah pola hidup sehat.

Penyakit hernia atau turun berok banyak dialami oleh pria, biasanya lebih banyak diderita usia bayi sampai dengan usia tua. Jenis penyakit hernia dibagi menjadi 9 jenis dengan ciri-ciri yang berbeda. Penyakit hernia bisa disembuhkan dengan cara melakukan pembedahan atau tindakan operasi.

Jenis-Jenis Penyakit Turun Berok


=====================================

>>> Kapsul Herbal Pro-Hernia Untuk Membantu Mengatasi Penyakit Hernia, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Turun Berok and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *